TRENDING TAG:
  • Home
  • Ekbis
  • Produksi Daging Sapi di Dumai Mengalami Peningkatan...

Produksi Daging Sapi di Dumai Mengalami Peningkatan

Senin, 8 Juli 2013 | 15:01:56
DUMAI - Beberapa hari belakangan ini dan menjelang bulan suci Ramadhan 1434 H, kebutuhan konsumsi daging sapi oleh masyarakat mengalami peningkatkan cukup segnifikan. Kenaikan itu bekisaran 10 hingga 15 persen selam puncak peringatan hari besar keagaman.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Dumai, Syafrizal ketika dikonfirmasi mengatakan, meningkatnya kebutuhan daging sapi ini ditandai dengan bertambahnya jumlah hewan yang disembelih pedagang di rumah potong hewan (RPH) milik pemerintah.

"Kami menjamin pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri mendatang tetap terjaga dan aman. Permintaan daging masyarakat sudah meningkat karena dari pemotongan dua ekor ternak sapi setiap hari di RPH, kini sudah harus memotong 5 ekor untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging," kata Syafrizal, Senin (8/7/13).

Ditambahkan Kadisnakkanla Dumai, untuk mencukupi meningkatnya kebutuhan daging sapi, pemerintah mendatangkan pasokan hewan dari berbagai daerah produksi sapi. Sebab kata dia, jika diharapkan dari produksi sapi lokal, sejauh ini hanya mampu terpenuhi 10 persen.

"Produksi sapi lokal paling hanya bisa memenuhi kebutuhan daging masyarakat sebanyak 10 persen, karena itu harus didukung ternak sapi dari luar daerah. Selain menjaga pasokan daging sapi kebutuhan masyarakat, kita juga melakukan pemantauan harga yang diperdagangkan di pasar tradisional Dumai," katanya.

Sejauh ini, menurut dia, seiring terjadi peningkatan konsumsi daging sapi juga dibarengi kenaikan harga dari Rp 90 ribu, kini mencapai Rp 100 ribu perkilogram. Mengenai harga, diprekdiksi dia, akan terus naik hingga mendekati lebaran mendatang, karena permintaan juga semakin bertambah.***(die)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA