TRENDING TAG:
  • Home
  • Ekbis
  • DPRD Pekanbaru Imbau Konsumen Waspada Minuman Kaleng Ilegal...

DPRD Pekanbaru Imbau Konsumen Waspada Minuman Kaleng Ilegal

Selasa, 14 Juli 2015 | 15:08:21
PEKANBARU - Seperti sudah menjadi tradisi, menjelang Idul Fitri banyak pedagang yang menjual berbagai macam jenis minuman kaleng. 

Namun dari beberapa pengamatan di lapangan, minuman-minuman yang mereknya tergolong baru dan hanya muncul selama Ramadhan tidak bertuliskan memiliki izin dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

 Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Zulfan Hafis saat dikonfirmasi adanya laporan masyarakat tentang minuman kaleng ilegal tanpa label BBPOM ini, mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli produk yang akan dibeli. 

Pihaknya juga meminta masyarakat memperhatikan produknya apakah terdaftar atau tidak.

 "Temuan tersebut akan kami tindaklanjuti nanti. Komisi II sudah menelusuri dan sidak di beberapa toko, memang banyak minuman ini dari luar negeri. Mereka tidak punya manifest. Kalau tidak punya manifest artinya barangnya liar. Kami minta Disperindag aktif turun dari fakta yang kami temui di lapangan," katanya.

 Politisi Nasdem tersebut juga mendesak Disperindag tidak ada upaya kompromi dalam menindak ribuan minuman kaleng ilegal yang tidak mengantongi izin dan label BBPOM itu. 

"Kalau tidak ada manifest, angkat saja barangnya. Karena di sisi lain merugikan masyarakat dan pemerintah karena adanya kebocoran pajak dalam hal ini,"tuturnya.

 Sementara itu, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Masirba H Sulaiman mengaku terkejut dengan adanya laporan ini. Pihaknya tidak akan main-main untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat tersebut.

(rdk/rpc)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERPOPULER