TRENDING TAG:
  • Home
  • Hukrim
  • Korupsi Popnas, Dua Pejabat Dispora Riau Diperiksa Penyidik Kejari Pek...

Korupsi Popnas, Dua Pejabat Dispora Riau Diperiksa Penyidik Kejari Pekanbaru

Rabu, 2 September 2015 | 16:33:13
PEKANBARU - Dua pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau kembali diperiksa tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru. Keduanya diperiksaan terkait perkara korupsi pengadaan alat olahraga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Provinsi Riau 2011 lalu. 

"Hari ini kita melakukan pemeriksaan dengan memintai keterangan terhadap Tengku Syarif Fadillah dan Abdul Haris, yang bertindak selaku Panitia Penerima Hasil Pekerjaa (PPHP) pada kegiatan POPNAS Riau," terang Kasi Pidsus Kejari Pekanbaru, Darma Natal SH melalui penyidik, Feby Gumilang SH, Rabu (2/9/15).

"Kedua pejabat ini kita periksa sebagai saksi untuk tersangka YS, PNS Dispora yang telah ditetapkan sebagai tersangka pada Juli 2015 lalu," tutur Feby, menambahkan. Seperti diketahui, dalam kasus Korupsi pengadaan alat olahraga POPNAS Riau ini. 

Kejari Pekanbaru menetapkan Yusmedi, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dispora Riau sebagai tersangka. kasus merugikan keuangan negara sebesar Rp551 juta. Yusmedi yang merupakan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) ditetapkan sebagai tersangka, berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor Sprin-01/N.4.10/Fd.1/07, tanggal 1 Juli 2015. 

Dalam penyidik juga telah memeriksa rekanan proyek, PT Orindo Prima dengan direkturnya Anil Satbir Singh Gill. Kasus ini bermula dari hasil Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Riau yang menemukan adanya kejanggalan dalam perhelatan Popnas tahun 2011. 

Dalam event tersebut Dispora Riau mengadakan lelang pengadaan peralatan atau alat olahraga dengan nilai kontrak Rp21 miliar.

(rdk/rtc)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA