TRENDING TAG:
  • Home
  • Kesehatan
  • BPJS Kesehatan Pekanbaru Pastikan Peserta Mudik Tetap Dapat Pelayanan ...

BPJS Kesehatan Pekanbaru Pastikan Peserta Mudik Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Kamis, 15 Juni 2017 | 17:16:29
BPJS Kesehatan memastikan tetap membuka layanan kesehatan di sejumlah rumah sakit yang telah melakukan kerjasama. Ini berlaku bagi peserta JKN-KIS yang melaksanakan perjalanan mudik, terhitung mulai 19 Juni sampai 2 Juli mendatang.
PEKANBARU - BPJS Kesehatan memastikan tetap membuka layanan kesehatan di sejumlah rumah sakit yang telah melakukan kerjasama. Ini berlaku bagi peserta JKN-KIS yang melaksanakan perjalanan mudik, terhitung mulai 19 Juni sampai 2 Juli mendatang.

Demi mencegah kendala pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS pada saat libur lebaran nanti, BPJS Kesehatan memastikan tetap membuka layanan kesehatan di sejumlah rumah sakit yang telah melakukan kerjasama. 

Pelayanan kesehatan saat libur lebaran itupun berlaku bagi peserta JKN-KIS yang melaksanakan perjalanan mudik, terhitung mulai 19 Juni sampai 2 Juli bulan depan. 

Prosedurnya bahkan lebih mudah dan sederhana. Dengan catatan peserta JKN-KIS yang sedang mudik tersebut tak lupa membawa kartu kepesertaannya yang masih aktif untuk digunakan. 

Menurutnya penting jangan lupa membawa kartu JKN-KIS dan pastikan juga kartu itu masih aktif, tanpa ada tunggakan yang belum dibayarkan. 

Kalau kartu sudah dibawa, maka peserta JKN-KIS yang sedang mudik bisa berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. 

"Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas BPJS Kesehatan," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Eddy Martadinata kepada riauterkini.com disela menggelar jumpa pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/06/17). 

Untuk prosedurnya, sambung Eddy, pelayanan kesehatan itu diberikan kepada peserta JKN-KIS yang dalam kondisi emergency maupun non emergency. 

Peserta yang bersangkutan dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. 

Selain itu, dia menegaskan bahwa selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur, ketentuan yang berlaku serta tindakan medis yang diperolehnya juga berdasarkan indikasi medis yang jelas, maka faskes tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta. 

"Untuk mengetahui informasi pelayanan kesehatan yang diperlukan, peserta juga dapat menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500-400. Care Center ini hadir 7x24 jam," tuturnya. 

Sementara itu, di wilayah kerja kantor cabang Pekanbaru sendiri terhitung 19 Juni sampai 2 Juli mendatang, sedikitnya ada 8 rumah sakit yang tetap membuka layanan kesehatan bagi peserta yang sedang mudik lebaran. 

Terdiri dari RS Ibnu Sina Pekanbaru, RS Awal Bros Panam Pekanbaru, R Syafira Pekanbaru, RSUD Bangkinang, RS Efarina Pelalawan, RS Medicare Sorek, RSUD Rohul dan RSAB Ujung Batu. 

"Bagi peserta yang tidak dalam kondisi mudik nantinya akan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai prosedur normal," singkatnya.

(rdk/rdk)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA