TRENDING TAG:
  • Home
  • Lingkungan
  • Pemko Dumai Percepat Pengadaan Air Bersih dan Pengendalian Banjir...

Pemko Dumai Percepat Pengadaan Air Bersih dan Pengendalian Banjir

Selasa, 6 Juni 2017 | 17:17:44
DUMAI - Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir mengatakan bahwa pemerintah daerah memiliki dua visi besar untuk dilaksanakan secepatnya, yaitu percepatan pengadaan air bersih bagi masyarakat dan pengendalian banjir.

"Ada dua kerja besar jadi perhatian kita, yaitu mewujudkan air bersih dan mengurangi dampak banjir di jalan atau lingkungan, dan pemerintah akan bekerja keras merealisasikan itu," kata Sekda Kota Dumai, Selasa (6/6/17).

Dikatakan, pemerintah Kota Dumai kedepan akan berupaya meningkatkan pelayanan air bersih dan terus mengoptimalkan instalasi pipa jaringan air agar dapat dinikmati masyarakat.

Untuk penyediaan air bersih, Pemko Dumai melalui perusahaan daerah kini telah melayani sekitar 400 pelangggan di sejumlah kelurahan di perkotaan dengan kapasitas 20 liter per detik.

"Program air bersih lainnya ditargetkan pada 2019 nanti akan mengalir untuk dumai, rokan hilir dan bengkalis dengan kapasitas 150 liter perdetik untuk melayani ribuan sambungan rumah," sebutnya.

Dimana sambung pipa air yang selama ini sudah ada di rumah warga kelurahan Bumi Ayu akan dikoneksikan dengan jaringan pipa air yang sebelumnya juga sudah melayani fasilitas air bersih ke rumah warga yang ada di perkotaan.

"Kita sudah melakukan survei dan insyahallah pekan depan interkoneksi jaringan pipa air akan tersambung dan masyarakat Kelurahan Bumi Ayu akan bosan memanfaatkan fasilitas yang ada," kata Nasir.

Pada kesempatan sebelumnya, Walikota Dumai Zulkifli AS turun ke lapangan memastikan instalasi dan realisasi air bersih berjalan baik ke Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dumai Bersemai, Jalan Sudirman, Kota Dumai, Senin (5/6/17) pagi. 

Orang nomor satu Kota Dumai, selain mengecek di PDAM juga dilakakun pengecekan instalasi sambungan rumah tangga bagi penyaluran air bersih kepada seluruh masyarakat Kota Dumai.

"Saat ini kita baru bisa melayani empat kelurahan yakni kelurahan Buluh kasap, Kelurahan Bintan, Kelurahan Sukajadi, dan Kelurahan Datuk Laksamana dengan kapasitas air 20 liter per detik," ungkap Walikota Dumai.

Lanjutnya, peninjau jaringan pipa air milik masyarakat yang ada di Jalan Sungai Masang. 

"Saat ini air yang mengalir masih gratis, sebagai hadiah menuju hari kemenangan untuk awal mula realisasi air bersih pada tahun ini dibeberapa tempat," jelas Zul AS sapaan akrabnya.

Sementara itu Pjs. Dirut PDAM Tirta Dumai Bersemai, Edi rizal mengatakan bahwa sekitar 1385 pelanggan hanya 183 saja yang bayar iuran, sementara dari jumlah tersebut hanya 71 yang mendapatkan aliran air.

"Namun untuk yang sekarang ini hampir 400 SR yang mendapatkan aliran air bersih," kata Edi.

Sementara itu saat ditanyakan mengenai penyambungan baru, beliau mengatakan akan bekerja sama dengan Pemko Dumai tentang bagaimana sistem nya.

"Saat ini kita masih fokus mengaliri pelanggan yang lama dulu, untuk yang baru nanti kita kordinasi lagi sama pemko," ujarnya.

Dijelaskan Edi Rizal, bahwa saat ini sumber air dipakai melalui Sungai Mesjid, sementara untuk kendala yang dihadapi pihak PDAM sendiri masih seputar tidak mencukupi nya bahan baku air dan sulit nya mencari atau mendeteksi kebocoran pipa.

(rdk/rdk)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA