TRENDING TAG:
  • Home
  • Lingkungan
  • Walikota Dumai Tegaskan Program Air Bersih Segera Tuntas...
Safari Ramadan 1438 Hijriah

Walikota Dumai Tegaskan Program Air Bersih Segera Tuntas

Rabu, 7 Juni 2017 | 09:11:19
Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin SH didampingi Walikota Dumai Zulkifli AS secara simbolis memberikan bantuan dana pembangunan Masjid Al-Qiam, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Selasa (6/6/17) malam.
DUMAI - Walikota Dumai Zulkifli AS menegaskan bahwa program air bersih harus segera tuntas. Penuntasan akan dilakukan dengan sharing budget antara APBD Dumai dan Provinsi Riau serta APBN.

Penegasan itu disampaikan Zulkifli AS, saat memberikan kata sambutan pada Safari Ramadan Pemko Dumai ke Masjid Al-Qiam, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Selasa (6/6/17) malam.

"Persiapan penyaluran air bersih ke setiap kelurahan saat ini tengah berlangsung dengan memanfaatkan intake dan instalasi pengolahan yang ada saat ini sebanyak 7500 sampai 10.000/m2 akan tersalurkan," katanya. 

Dijelaskannya, program nasional pengadaan air bersih untuk Rohil, Duri dan Dumai senilai Rp 750 miliar sedang proses tender.
Progam air bersih ini akan menggunakan air Sungai Rokan sebagai bahan baku. 

"Jika sudah berjalan makan secara otomatis akan mengalirkan air dengan kapasitas 150liter/detik dan siap disalurakn pada setiap perumahan penduduk. Oleh karena itu kami berharap dukungan dari masyarakat," haranya.

Sedangkan masalah banjir, Pemko Dumai saat ini sedang mengurai permasalahannya. Salah satu cara pencegahan banjir di Kota Dumai adalah harus membenahi sungai dan kanal-kanal yang ada.

"Untuk menangani maslah banjir ini, kita ada mendapatkan bantuan dari pemerintah Jepang untuk menata Sungai Dumai. Namun untuk melaksanakan program ini masih ada kendala seperti yang diminta pemerintah Jepang," ujarnya.

Dimana dalam hal ini, Pemerintah Jepang meminta kepada Pemko Dumai untuk melakukan pembebasan lahan di sepanjang sungai Dumai. 30 meter kiri kanan sungai, rencananya akan dijadikan jalan dan taman. 

"Itu harus dibebaskan dan ini yang menjadi masalah utama kita. Sedangkan Danau Bunga Tanjung dengan luas lahan 65 hektar milik PT Pertamina dan PT Chevron akan menjadi hulu sungai untuk mengatasi banjir," jelasnya. 

Terakhir Wako meminta kepda masyarakat Dumai khususnya Kelurahan Tanjung Palas untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain dan saling menghargai antar umat beragama.

Pada kesempatan tersebut Pemko Dumai menyerahkan bantuan dana pembangunan melalui Wakil Ketua DPRD Kota Dumai sebesar 12,5 juta rupiah. Selain itu Bank Riau Kepri juga ikut menyumbang Rp2,5 juta berikut material.

(rdk/rdk)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA