TRENDING TAG:
  • Home
  • Maritim
  • Politeknik Maritim Bengkalis Segera Terima Pendaftaran Mahasiswa Baru...

Politeknik Maritim Bengkalis Segera Terima Pendaftaran Mahasiswa Baru

Minggu, 29 Maret 2015 | 15:09:36
BENGKALIS - Politeknik Maritim Negeri (Polimarin) Bengkalis menurut rencana akan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ini. Untuk aktifitas akademik, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis akan mempergunakan gedung SMKN 1 Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Herman Sani mengatakan, untuk kelancaran proses pengalihfungsian, para siswa SMKN 1 akan dipindahkan ke SMKN lain. Apakah nantinya siswa SMKN 1 akan dipindahkan ke SMK Awang Mahmuda (SMKN 3) atau ke SMKN 2 yang lebih dekat dari SMKN 1 hingga saat ini belum bisa dipastikan.

"Jadi untuk Politeknik Maritim, kita menggunakan bangunan yang telah ada (bangunan SMKN 1,red). Nantinya, kita tinggal menambah- nambah sedikit bangunan lain untuk melengkapi," ujar Herman Sani, belum lama ini.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis ujar Herman Sani, sudah memberikan pandangan kepada masyarakat setempat soal wacana pemindahan siswa SMKN 1 Bengkalis. "Masyarakat sudah mendukung karena sudah kita kasi pandangan," ujarnya.

Dikatkan, Politeknik Maritim Bengkalis merupakan sekolah tingkat tinggi dengan vokasi dibidang pelayaran. Memiliki tujuan untuk menciptakan calon perwira kapal niaga berstandart internasional dengan mengusung visi menjadikan Polmarin Bengkalis perguruan tinggi berstandar internasional yang mampu menghasilkan perwira pelayaran yang handal serta cakap dalam dunia maritim.

Pada tahap awal, ada dua jenjang program studi yang akan dibuka. Pertama Nautika Kapal Niaga, bertujuan untuk mendidik taruna agar memiliki kompetensi sebagai perwira jaga navigasi di wilayah perairan samudra, penanganan dan pengaturan muatan serta pengendalian kapal, dan mampu menjadi nahkoda kapal ukuran 1.500 GT NCV. Lulusan akan mendapatkan kompetensi ANT-III dan ijazah Diploma-III Nautika.

Kedua, Teknika Kapal Niaga, memiliki tujuan untuk mendidik peserta diklat untuk di didik dan dilatih agar memiliki kompetensi sebagai perwira jaga mesin di wilayah perairan samudra.

Penanganan dan pemeliharaan permesinan dalam rangka memperlancar pengoperasian kapal, dan mampu menjadi kepala kamar mesin (KKM) pada kapal di bawah 3000 KW NCV. Lulusan akan mendapatkan kompetensi kegiatan ATT-III dan ijazah Diploma III Teknika.

(rdk/der/hrc)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERPOPULER