TRENDING TAG:
  • Home
  • Maritim
  • Penjabat Walikota Dumai Buka Pameran Alutsista Kodim 0320...

Penjabat Walikota Dumai Buka Pameran Alutsista Kodim 0320

Minggu, 23 Agustus 2015 | 18:16:38
FOTO: Penjabat Walikota Dumai Arlizman Agus, secara resmi membuka pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara yang dipusatkan dihalaman Markas Kodim 0320 Dumai. | Silvia@riauheadline.com
DUMAI - Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Militer Kodim 0320/Dumai yang dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak Sabtu (22/8) hingga Minggu (23/8) tersebut dibuka langsung oleh Pejabat Walikota Dumai H.Arlizman Agus, bertempat di Markas Komando Kodim 0320/Dumai, Sabtu (22/8) kemarin yang ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan balon.

Pejabat Walikota Dumai H.Arlizman Agus menyebutkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas kegiatan yang digelar Kodim 0320/Dumai atau perdana dilaksanakan di Kota Dumai, apalagi Alutsista ini merupakan alat untuk memperkuat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Pameran ini juga dapat mengangkat semangat para perajurit untuk dapat lebih semangat dalam menjaga NKRI. Tak hanya itu, Arlizman Agus juga mengajak kepada seluruh TNI dan Polri untuk dapat meningkatkan keharmonisan dan kedamaian. 

Disamping itu, Ia juga mengharapkan kepada masing-masing Kepala Suku yang berada di Kota Dumai serta seluruh element serta organisasi masyarakat Kota Dumai untuk turut berpartisipasi dan mendukung terwujudnya keharmonisan dan kedamaian, terkhusus  menjelang adanya pelaksanaan Pilkada Dumai mendatang.

Menurutnya, sistem pertahanan yang diharapkan dapat terwujud apabila Pemerintah Kota Dumai beserta seluruh element masyarakat dapat bersatu ataupun menyatukan kekuatan bersama TNI dan Polri. 

"Melalui pameran Alutsista dan Lomba Lagu baik lagu Perjuangan dan Lagu Melayu sebagai wujud dalam melestarikan budaya, marilah kita tingkatkan keharmonisan dan kedamaian di Kota Dumai ini," katanya.

Sementara itu, Dandim 0320/Dumai Letnal Kolonel (Kav) Afkar Mulya menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaa RI ke-70 tahun 2015. Dimana Kodim 0320/Dumai akan memperkenalkan teknologi persenjataan TNI saat ini. Peralatan tersebut tentunya ialah peralatan yang digunakan dalam tugas mengawal perbatasan NKRI dan wilayah Kota Dumai.

"Di Kota Dumai saat ini, Unsur TNI sangatlah lengkap yakni ada TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU, semuanya tentu memliki alat persenjataan, untuk itu masyarakat dapat menambah wawasan dengan melihat langsung Alutsista tersebut melalui pameran di Kodim saat ini," ujarnya.

Menurut Dandim, dengan mengenal Alutsista yang dimiliki oleh TNI, masyarakat lebih semangat untuk mencintai TNI, apalagi kepada para generasi muda, mereka merupakan generasi bangsa. 

Dengan demikian nantinya saat kepemimpinan Negara ini dipegang dan berada digenggaman para generasi muda tersebut, mereka dapat memikirkan suatu kebijakan untuk memperkuat alutsita itu sendiri.

"Ini bisa menambah wawasan masyarakat Kota Dumai, terutama bagi generasi muda terhadap perkembangan persenjataan TNI dalam mengawal perbatasan NKRI," paparnya.

Disamping itu, dikatakan Dandim, TNI dan Polri juga siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Dumai untuk menjadikan dan mewujudkan Kota Dumai sebagai Kota yang aman dan kondusif, apalagi menjelang Pilkada 2015 ini. "Kami, TNI dan Polri siap mensukseskan Pilkada tahun 2015 ini," pungkasnya.

Pantauan dilapangan, dalam pameran tersebut terlihat ratusan masyarakat mendatangi kegiatan yang dilaksanakan perdana di Kota Dumai tersebut, baik dipagi hari, siang maupun sore hari, mereka berkunjung untuk melihat Alutsista dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. 

Dalam pameran Alutsista itu, juga di pamerkan mobil senjata CIS.50, Mobil Karakteristik BTR-40 Diesel/Retrofit dan mobil AGL 40 MM serta pelatan persenjataan lainnya. Terdapat 5 Stand yang dipertunjukkan pada pameran Alutsista tersebut, diantaranya Stand TNI-AU, TNI-AD, Lanal Dumai, Polres Dumai serta Komsos Kreatif Kodim 0320/Dumai.

Tak hanya memamerkan berbagai peralatan persenjataan, Kodim 0320/Dumai juga menaja kegiatan Lomba Lagu Perjuangan, Lomba Lagu Melayu serta Lomba Tari Persembahan guna melestarikan budaya Kota Dumai. 

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mengikuti permainan yang dapat menguji adrenalin, yakni permainan Flaying Fox dengan ketinggian lebih kurang 15meter yang tentunya dilengkapi dengan alat savety yang berstandarisai.

(adi/adi)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA