TRENDING TAG:
  • Home
  • Nasional
  • Penipuan CPNS Marak, MenPAN-RB Minta Masyarakat Waspada...

Penipuan CPNS Marak, MenPAN-RB Minta Masyarakat Waspada

Jumat, 31 Juli 2015 | 16:53:08
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan terkait rekrutmen Pegawai Negari Sipil (PNS). Yuddy memastikan akan memecat PNS yang terbukti terlibat dalam percaloan.

Hal tersebut diungkapkan Yuddy menanggapi pemberitaan aksi penipuan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di sejumlah daerah. Misalnya, di Jabar, aksi tersebut terbongkar aparat kepolisian dan pejabat Regional III Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bandung.

"Kebijakan utamasetelah dilantik menjadi Menpan-RB adalah mengeluarkan kebijakan moratiroum kepegawaian. Kalau masih tertipu karena ada beberapa faktor, pasti kurangnya sosialisasi, pejabat pembina kepegawaian daerah tidak proaktif menyosialisasikan kebijakan ini, ketidakpedulian masyarakat untuk mengikuti informasi terkait moratorium CPNS, dan kecanggihan para penipu," kata Yuddy.

Yuddy menegaskan, jika saat ini pemerintah masih memberlakukan kebijakan moratorium pegawai. Dia menggarisbawahi pada 2015, tidak ada satupun pegawai yang direkrut, kecuali untuk posisi guru, kesehatan dan penegak hukum.

"Tetapi, itu (rekrutmen) dilakukan dengan sangat ketat dan selektif, yang hanya bisa dilakukan oleh Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur, dan di ujungnya harus ada persetujuan dan rekomendasi dari Kemenpan-RB," ungkap Yuddy.

Yuddy mengatakan, jika ada oknum PNS yang terlibat, maka pihaknya melalui BKN akan memecat orang tersebut dengan tidak terhormat.

"Setelah bukti-bukti cukup dan memang ada oknum PNS yang terlibat, maka (yang bersangkutan) akan diberhentikan dengan tidak terhormat. BKN yang akan langsung segera memprosesnya," tegasnya.

(rdk/rtc)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA