TRENDING TAG:
  • Home
  • Olahraga
  • Maverick Vinales Pole Position, Valentino Rossi Start Kedua di MotoGP ...

Maverick Vinales Pole Position, Valentino Rossi Start Kedua di MotoGP Italia

Minggu, 4 Juni 2017 | 10:08:03
Valentino Rossi finis tercepat pada latihan bebas ketiga (FP3) di Grand Prix Italia, Sirkuit Mugello.
PEKANBARU - Yamaha menguasai posisi start 1-2 dalam kualifikasi MotoGP Italia. Maverick Vinales pole position dan Valentino Rossi start dari posisi kedua.

Sesi dibuka dengan penampilan mengejutkan dari Michele Pirro, yang tampil berstatus wild card. Ia memimpin pada posisi teratas. Selang satu menit kemudian, giliran pembalap satelit Pramac Racing, Danilo Petrucci yang terdepan.

Sempat diambil alih juara dunia bertahan Marc Marquez, Petrucci kembali menduduki posisi pertama. Pada saat ini, Vinales naik ke posisi kedua dan Rossi berada pada posisi kelima.

Memasuki empat menit tersisa, terjadi perubahan pada posisi teratas. Dani Pedrosa melompat dari posisi kelima untuk menempati posisi terdepan. Tapi, lagi-lagi tak bertahan lama, karena Alvaro Bautista memperbaiki catatan waktunya.

Dan pada dua menit terakhir, Vinales merebut posisi pertama dari Bautista dengan catatan waktu tercepat 1 menit 46,575 detik. Pembalap Yamaha itu berhasil mempertahankan status pole-sitter hingga sesi kualifikasi berakhir. 

Rossi melengkapi dominasi Yamaha dengan menempati posisi kedua. Raihan yang layak diapresiasi, mengingat kondisi The Doctor belum fit 100%. Dan melengkapi start baris depan adalah Andrea Dovizioso yang lebih lambat 0,260 detik.

Ini merupakan pole yang ketiga bagi Vinales dalam debutnya sebagai pembalap Yamaha. Sebelumnya ia start terdepan di seri pembuka Qatar dan Le Mans. 

"(Kualifikasi) sangat sulit. Bagian belakang terlalu banyak sliding. Tapi performa motor sangat baik. Saat FP4, kami membuat satu langkah ke depan. Kami akan mencobanya lagi besok dan melihat apakah kami bisa meningkat," ucap Vinales usai kualifikasi.

Posisi start keempat diisi Pirro, yang mengungguli duo Repsol Honda: Pedrosa dan Marquez. Pembalap tes Ducati itu mencetak catatan waktu terbaik 1 menit 46,878 detik. Sementara start keenam yang ditorehkan Marquez jelas bukan raihan mengesankan. Ia lebih lambat 0,475 detik.

Jorge Lorenzo menempati posisi ketujuh dengan catatan waktu terbaik 1 menit 47,152 detik. Bautista akan start dari posisi kedelapan, di depan Petrucci. 

Pembalap Pramac Racing ini awalnya sempat naik ke posisi kedua. Tapi catatan waktunya lalu dibatalkan karena melewati batas trek di Tikungan 5.

Pembalap Marc VDS Racing, Tito Rabat, mencetak hasil apik untuk merebut posisi start ke-10. Ia di depan rookie Johann Zarco, yang sedikit mengherankan mengapa tampil kurang baik. Dan pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, start ke-12 usai sempat mengalami kecelakaan di Tikungan 9. 

Cal Crutchlow akan start dari posisi ke-13. Jonas Folger, yang gagal ke Q2, terjatuh di Tikungan 11. Ia akhirnya menempati posisi start ke-15. Kemudian pembalap Suzuki, Andrea Iannone, hanya mampu berada di posisi start ke-16.

Putaran keenam MotoGP Italia di Sirkuit Mugello akan dihelat pada Minggu (3/6) besok, pukul 19:00 WIB.

Hasil kualifikasi GP Italia:

1. Maverick Vinales Yamaha 1 menit 46,575 detik
2. Valentino Rossi Yamaha 0,239 detik
3. Andrea Dovizioso Ducati 0,260 detik
4. Michele Pirro Ducati 0,303 detik
5. Dani Pedrosa Honda 0,424 detik
6. Marc Marquez Honda 0,475 detik
7. Jorge Lorenzo Ducati 0,577 detik
8. Alvaro Bautista Ducati 0,592 detik
9. Danilo Petrucci Ducati 0,691 detik
10. Tito Rabat Honda 0,707 detik

Sumber: id.motorsport.com
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA