TRENDING TAG:
  • Home
  • Pendidikan
  • Bupati Irwan Kukuhkan Pengurus Mahasiswa Meranti di Yogyakarta...

Bupati Irwan Kukuhkan Pengurus Mahasiswa Meranti di Yogyakarta

Jumat, 27 Maret 2015 | 17:55:57
Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Komisariat Kepulauan Meranti (IPRY KKM) terbentuk. Pengurusnya dikukuhkan Bupati Irwan Nasir di Yogyakarta.
YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti ingin mencibtakan generasi muda yang berkwalitas dan mandiri, dengan mengupayakan pembinaan pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan diluar daerah, kali ini wujud dari dukungan itu diberikan kepada mahasiswa Riau khususnya Kabupaten Meranti yang berada di Yogjakarta. 

Rabu malam (26/3), Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti melantik Pengurus Ikatan Pelajar Riau Jogjakarta Komisariat Kabupaten Kepulauan Meranti (IPRY KKM) Ke-5 Periode 2014-2015 yang ditandai dengan pengambilan sumpah yang dibacakan Bupati dan diikuti oleh pengurus terpilih, dilaksanakan di Hotel New Shappire, Adi Sucipto, Yogjakarta. 

Terpilih sebagai Ketua Umum Indra Gunawan, Sekretaris Indra Wahyudi dan Bendahara Risna Deswita Sari. Kepada pengurus terpilih Bupati Irwan yang juga merupakan Alumni UGM Jogjakarta, berharap dapat mengembangkan organisasi lebih baik, lebih besar lagi dengan tetap belajar tekun dan segera menamatkan kuliah sesuai dengan cita-cita dan harapan orang tua.

"Mahasiswa harus kritis, bisa jadi pioner, sehingga pada akhirnya menjadi kader masa depan bangsa, yang akan hadir memimpin bangsa kebih cemerlang dan kebih baik dari pemimpin saat ini," ujar Bupati. 

Dalam suasana yang berlangsung santai itu, Bupati menceritakan pengalamannya saat menempuh pendidikan S2 di Jogjakarta, salah satunya, sulitnya membentuk kepengurusan Ikatan Pelajar Riau (IPR) yang sering terjadi kerusuhan, namun sekarang Komisariat Meranti mulus terbentuk. "Ini sebuah kemajuan berfikir dari adik mahasiswa yang ada di Jogjakarta," aku Bupati.

Bupati menjelaskan, tahun 2011 lalu dirinya pernah mengunjungi markas pelajar pelajar Selatpanjang yang terletak disudut kota Jogjakarta dengan kondisi memprihatinkan, ketika itu Bupati mencoba mengupayakan peningkatan fasilitas dan SDM, agar generasi muda Meranti berkwalitas, profesional dan mandiri. 

Dan ditahun 2013 lalu Pemda Meranti menyekolahkan sebanyak 33 orang anak Meranti ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, seiring waktu diketahui mahasiswa Meranti semakin banyak di Jogjakarta dan meminta Bagian Pemerintahan untuk mengadakan asrama mahasiswa Meranti di Jogjakarta yang saat ini sudah bisa dimanfaatkan.

"Semoga asrama tersebut mampu memacu semangat mahasiswa untuk terus bersemangat," ucap Bupati. 

Diharapkan Bupati, selain membentuk organisasi mahasiswa di Jogjakarta, sebagai wadah berlatih, berorganisasi, mahasiswa juga bisa menyumbang pemikiran terhadap kemajuan kampung halaman di Provinsi Riau. Seperti dengan mengadakan seminar yang dihadiri Kepala Daerah. 

"Adik-adik mahasiswa harus rajin mencari informasi terkait kondisi terkini yang ada di Riau, untuk ikut menyampaikan aspirasi dan memfasilitasi mencari solusi bagaimana menuntaskan persoalan yang terjadi di Provinsi Riau," papar Bupati.

Keuntungannya pelajar dan mahasiswa dapat mengaktulaisasi diri, bisa berlatih mengelola isu dengan baik serta meningkatkan intensitas komunikasi dengan Pemerintah Daerah. "Paling tidak sebagai wadah mengumpulkan para tokoh Riau dimanapun untuk berkumpul di Jogjakarta mencari solusi membangun Riau lebih baik lagi kedepan," paparnya.

Seiring perkembangan zaman saat ini, dulunya mahasiswa berada dalam kondisi serba keterbatasan, namun hal itu membuat mahasiswa lebih solid dan memiliki daya juang lebih tinggi. "Harusnya dengan tingkat ekonomi lebih baik saat ini adik mahasiswa hendaknya lebih nyaman belajar dan harus lebih maju dengan tetap mempertahankan semangat juang, ayo tampilkan siapa yang lebih unggul dilapangan," jelas Bupati.

Diingatkan Bupati, yang diperlukan sebagai seorang mahasiswa bukan hanya pintar, karena pintar tidak menjaminan seseorang menjadi sukses dilapangan, tapi harus didukung keberanian. "Kuliah jangan hanya belajar melulu, tapi harus aktif dilapangan agar bisa menjadi ayam kampung yang tahan banting," ucap Bupati yang berkomitmen akan terus menjalin komunikasi dengan mahasiswa Riau.

Akhir sambutannya Bupati berharap, mahasiswa Riau di Jogjakarta mampu melanjutkan roda kempemimpinan Riau kedepan, mulai Kepala Daerah hingga Ketua Lagislatif. 

Sementara Ketua Ikatan Pelajar Riau Jogjakarta Zaid Kemal Zuhri, SH, mengatakan kehadiran Bupati Irwan, merupakan sebuah wujud nyata kepedulian Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti kepada pelajar mahasiswa Riau yang sedang menempuh pendidikan di Yogjakarta.

Bupati Irwan merupakan satu dari 4 Kepala Daerah di Riau Alumni Mahasiswa Jogjakarta yang berhasil menjadi Kepala Daerah. Kepala Daerah lainnya yakni Plt. Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman yang pernah menempuh pendidikan di SMU I Jogjakarta, Bupati Inhu Yopi Ariyanto dan Walikota Pekanbaru Drs. Firdaus MT, hal itu membuktikan Jogjakarta mampu terus melahirkan kader pemimpin Riau. "Ini merupakan sebuah prestasi yang hendaknya menjadi pendorong bagi mahasiswa Jogja untuk terus meningkatkan kompetensinya," jelas Zaid.

Ia juga berharap komunikasi yang telah terjalin baik antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Mahasiswa tetap terjaga dalam memberikan bantuan semangat, moril dan materil dalam membawa Komisariat Meranti menjadi organisasi pelajar terbaik di Yogjakarta.

Ketua Umum Indra Gunawan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati, dirinya mengaku organisasi pelajar Riau berjalan dengan baik hal itu tak terlepas dari dukungan dari Pemerintah khususnya Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti. "Besar harapan kami kedepan bantuan dan dukungan itu terus dilanjutkan untuk menjalankan roda organisasi lebih baik lagi dalam melahirkan kader-kader pemimpin Riau selanjutnya," ujarnya.

Sekedar informasi Turut Hadir Kabag Kesra Drs. Rosdaner, Kabag Umum, Kabag Humas Eri Suhairi, Anggota DPRD Kabupaten Meranti Fauzy SE, Ketua Himpunan Mahasiswa Pasca, Ikatan Keluarga Pelajar Riau, Penasehat Ikatatan Keluarga Riau Jogjakarta Drs. H. Ridwan Usman, Haryadi, Habibi dan tamu lainnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan sejumlah bantuan kepada Komisariat Kabupaten Kepulauan Meranti oleh Bupati Irwan kepada Ketua IPR KKM Indra Gunawan.

(adv/hum/fan)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERPOPULER