TRENDING TAG:
  • Home
  • Politik
  • Gerindra Siak Tuntaskan Fit and Propertes Tingkat Tim Tujuh...

Gerindra Siak Tuntaskan Fit and Propertes Tingkat Tim Tujuh

Selasa, 26 Mei 2015 | 18:39:01
SIAK - Tahapan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Siak di tingkat DPC Partai Gerindra Kabupaten Siak, baru saja menyelesaikan proses studi kelayakan dan kepatutan terhadap enam dari tujuh balon yang mendaftar di Gerindra. Hal ini melahirkan sejumlah potensi kemungkinan pasangan balon yang bakal diduetkan dengan kader Gerindra, Sutarno.

Ketua Tim Tujuh Penjaringan Balon, Partai Gerindra Siak, Priyanto didampingi Sekretaris Tim, Ali Masruri kepada Wartawan Minggu (24/5) menyebutkan bahwa pelaksanaan fit and propertes merupakan langkah yang dilakukan, dengan tujuan meminta informasi terhadap kondisi para bakal calon baik posisi Bupati maupun Wakil Bupati dalam helat Pilkada Siak, 9 Desember 2015 mendatang. Dan dilaksanakan Sabtu-Minggu (23-24/5) di Hotel Grand Central Pekanbaru.

"Kita menggelar tahapan ini, tentu memiliki tujuan dan target, guna mengetahui sejauhmana perkembangan politik yang ada. Bahkan kalau perlu mendapatkan kepastian, kepada calon mana perahu Gerindra yang berjumlah enam kursi DPRD Siak, akan diberikan. Target kita memang mengusung balon, dan tentunya dengan partai koalisi," ujar Priyanto.

Dijelaskannya, tahapan penjaringan juga sebagai upaya membangun koalisi dengan parpol yang memiliki pandangan yang sama, dalam pengusungan balon. Dan salah satu catatan Gerindra, adalah pengusungan kader, untuk maju dalam salah satu paket balon nantinya.

"Tidak hanya mengusung balon, kita punya target pula untuk menduetkan kader kita dengan kandidat yang diusung parpol lain. Dan tentunya juga harus bisa menjadi suatu koalisi. Karena mengusung kader parpol tanpa koalisi partainya, juga tidak mungkin, karena memang perahu Gerindra saja tidak cukup untuk mengusung balon," terus Priyanto.

Setelah tahapan fit and propertes, maka terlihat gambaran, bahwa sangat memungkinkan sekali kader Gerindra, Sutarno yang juga merupakan Ketua DPC yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Siak untuk disandingkan nantinya.

Diantara nama-nama kandidat itu, seperti Riky Hariyansyah Arwin yang mengantongi bekal perahu 3 kursi dari PKB. Jika digabungkan saja dua partai ini dalam koalisi, maka sudah ada 9 kursi DPRD yang menjadi perahu, sehingga tercipta pasangan balon, Sutarno-Riky Hariansyah Arwin.

"Sebagaimana gambarannya, pasangan Sutarno-Riky Hariansyah Arwin bisa saja tercipta nantinya, jika koalisi Gerindra-PKB lahir," terang Priyanto.

Meskipun dikalangan kader partai memang menginginkan lahirnya, pasangan Sutarno-Hafrita Dara Arwin jika memang koalisi Gerindra-PKB bisa diciptakan.

Selain itu, kandidat Sayyed Abubakar A Asseggaf yang mengaku sudah mendapat dukungan dari Partai Demokrat dengan modal 3 kursi DPRD. Jika disandingkan dengan pasangan ini, maka terjadi pasangan Sayyed Abubakar-Sutarno. Sehingga kader Gerindra sebagai balon Wabup di pasangan ini.

"Sesuai masukan kader pula, pasangan ini juga diharapkan lahir. Khususnya di Kota Siak Sri Indrapura," terus Priyanto.

Hal sama juga sekiranya, kandidat Zulfi Mursal yang merupakan kader PAN, bisa mendapatkan dukungan partainya untuk berkoalisi dengan Gerindra, maka Zulfi Mursal-Sutarno sangat memungkinkan diusung.

Selain itu, juga terdapat kandidat H Azwar yang merupakan kader Golkar, juga menyatakan kesiapannya untuk maju di Pilkada Siak mendatang. Ia berharap bisa membawa Gerindra sebagai partai pengusung. Dan dalam penyajiannya dihadapan tim, H Azwar mengaku sudah melakukan upaya perkenalan dan sosialisasi dengan bakal pasangannya Riky Hariansyah Arwin.

"Selain itu, jika perkembangan politik mengharuskan maju bersama kader Gerindra, dia juga siap," urainya.

Selain Zulfi Mursal, Sayyed Abubakar A Asseggaf, Riky Hariansyah Arwin dan H Azwar, juga dilakukan terhadap kandidat dari partai Gerindra sendiri, yakni Sutarno dan Salomo. Keduanya menyatakan kesiapannya memenuhi sejumlah syarat untuk maju dan menang di Pilkada Siak mendatang.

"Memang kita mendapatkan amanah, agar Gerindra Siak yang menjadi partai pemenang kedua di Pemilu 2014 di Kabupaten Siak, untuk dapat mengusung kader maju di Pilkada Siak. Namun hal itu tentu membutuhkan dukungan dan koalisi dengan parpol lainnya. Kita masih terus mengintensifkan pembicaraan lintas parpol yang ada, untuk mewujudkan koalisi dalam pengusungan balon di Pilkada Siak 2015 ini," terang Sekretaris Tim Ali Masruri menambahkan.

(dek/dek)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA