TRENDING TAG:
  • Home
  • Sosial
  • Meski Sakit, Walikota Dumai Tetap Buka Musrenbang 2015...
Jalankan Roda Pemerintahan

Meski Sakit, Walikota Dumai Tetap Buka Musrenbang 2015

Kamis, 26 Maret 2015 | 18:26:48
DUMAI - Kurang sehatnya kondisi fisik seseorang bukan berati menyerah untuk terus melakukan aktifasnya. Hal itu terlihat dari Walikota Dumai Khairul Anwar. Dalam kondisi kurang sehat, dia tetap menjalankan roda pemerintahaan sebagaimana mestinya seorang kepala daerah.

Pada Kamis (26/3/15) ini misalnya, Walikota Dumai H.Khairul Anwar tetap menghadiri dan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2015 di Balai Pertemuan Sri Bunga Tanjung Dumai.

Acara inipun dihadiri Kepala Bappeda Riau, Kepala Bappeda Kota Dumai Marjoko Santoso, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai H.Said Mustafa, Kepala SKPD di lingkungan Pemko Dumai serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Dumai, Camat dan Lurah se-Kota Dumai serta tamu undangan lainnya.

Walikota Dumai Khairul Anwar menjelaskan, anggaran pendapatan Pemko Dumai tahun 2015 berkurang sebanyak Rp. 271 milliar. Hal tersebut harus disikapi secara serius dengan melakukan efisiensi pelaksanaan kegiatan. Namun demikian, pembangunan harus tetap dijalankan dengan tetap memperhatikan program ptioritas. 

"Perhatikan, program prioritas yang memang harus diutamakan. Sebab, pembangunan ini merupakan program pemerintah yang menjadi idaman masyarakat banyak. Oleh sebab itu, saya minta kepada seluruh SKPD bisa bekerja secara maksimal," pinta Walikota Dumai.

Ditambahkan lagi, program pembangunan seperti infrastruktur juga perlu, tapi perlu klarifikasi. Itu artinya, dalam Musrenbang tahun 2015,  yang penting-penting saja dulu dikerjakan. "Perhatikan yang mendalam atas program prioritas Pemko Dumai yang memang harus diutamakan," tegasnya.

Ketua panitia menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung maupun tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan pembangunan daereah Kota Dumai sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah, yang dimulai dari musyawarah RT, Kelurahan, Kecamatan, Forum SKPD dan Musrenbang RKPD Kota Dumai.

Musrenbang dengan Tema, 'Kita wujudkan perencanaan yang sinergis, partisipatif, transparan dan akuntabel menuju masyarakat Dumai yang sejahtera dan madani tahun 2016' dilaksanskan dengan tujuan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi dan pemerintah pusat. 

Meningkatkan usulan program kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah Musrenbang Kecamatan, dan Forum SKPD yang telah dilaksankan. Kemudian Musrenbang RKPD dilaksankan untuk mempertajam indicator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

Adapun Peserta Musrenbang RKPD tahun 2015 diantaranya anggota DPRD Kota Dumai sesuai komisi dan mitra kerja SKPD, Bappeda Provinsi Riau, SKPD Kota Dumai, Bappeda Kota Dumai, Kecamatan se-Kota Dumai dan para delegasi Kecamatan serta stakeholder terkait lainnya.

(adi/adi)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA