TRENDING TAG:
  • Home
  • Sosial
  • BKD Ajukan 4.098 Formasi CPNS 2015 ke Menpan-RB...

BKD Ajukan 4.098 Formasi CPNS 2015 ke Menpan-RB

Minggu, 29 Maret 2015 | 15:04:32
ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat sudah mengirimkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2015 ke Kementerian Pendayaguna Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Setidaknya ada sebanyak 4.089 formasi CPNS yang sudah diajukan BKD Rohul, melalui server e-Formasi atau Elektronik Formasi. Demikian disampaikan Kepala BKD Rohul, Drs Fajar Sidqy, bahwa instansinya masih menunggu keputusan dari Menpan RB sampai akhir April 2015. 

"Dimana pada pengajuan formasi CPNS tahun ini juga didasari pertimbangan karena 5 tahun terakhir Pemkab Rohul tidak mengajukan formasi. Bupati menyatakan, bahwa untuk penerimaan CPNS tahun ini agar diantisipasi, bila adanya pemekaran (daerah)," ucapnya, akhir pekan ini. 

Ditambahkannya, apalagi setiap tahun ada 60 pegawai hingga 100 pegawai yang memasuki masa pensiun, banyak dari kalangan guru. Juga dikatakan Fajar lagi, kini BKD Rohul tengah lakukan sejumlah tahapan, seperti Analisa Jabatan (Anjab), Analisa Beban Kerja (ABK), dan Peta Jabatan atau menyusun struktur yang dibutuhkan.

"Formasi sudah disampaikan ke Menpan RB, melalui e-Formasi. Nanti pihak Kemenpan yang menentukan formasinya. Berapa pegawai yang dibutuhkan oleh daerah," ungkapnya.

Diakui Fajar lagi, dimana sesuai kebutuhan, Pemkab Rohul masih membutuhkan sekitar 4.098 PNS, yakni diprioritaskan untuk tenaga pendidik, para medis (dokter, bidan, perawat). 

Juga saat ini, Pemkab Rohul masih membutuhkan Sarjana Akutansi untuk mengantisipasi penggunaan dana desa di tingkat kecamatan. Kemudian, Sarjana Hukum akan diberdayakan sebagai tenaga pendampingan hukum di desa.

"Setelah jumlah formasi nantinya ditetapkan Menpan RB, maka Bupatilah yang mengumumkannya," kata Fajar..

Walaupun BKD Rohul sudah ajukan 4.098 formasi, tapi terang Fajar Sidqy mdirinya belum mengtahui pasti, apakah CPNS tahun ini terbuka untuk umum atau khusus putra daerah. Pasalnya, seperti penerimaan CPNS dilakukan Pemkab Kepulauan Meranti terpaksa dibatalkan.

Dimana lima tahun terakhir, Pemkab Rohul sengaja tidak ajukan Formasi CPNS. Pasalnya, pemerintah daerah lebih mengutamakan tenaga honorer yang sudah masuk dalam data base tahun 2005 ke bawah. 

Dimana sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 98 tahun 2000, Pemkab Rohul mengajukan Formasi CPNS tahun ini. Sedangkan untuk pengangkatan tenaga honor sebagai CPNS dilakukan melalui jalur K2 dan K1, sesuai PP 48 tahun 2006.

(rdk/hrc/ogi)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA
BERITA TERPOPULER