TRENDING TAG:
  • Home
  • Traveler
  • Bupati Pelalawan Buka Mandi Balimau Basamo Kecamatan Bunut...

Bupati Pelalawan Buka Mandi Balimau Basamo Kecamatan Bunut

Rabu, 17 Juni 2015 | 18:15:58
PELALAWAN  -  Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1436 H/ 2015, Bupati Pelalawan H.M Harris secara resmi membuka prosesi upacara adat mandi Balimau basamo di sungai kapojan kelurahan Pangkalan Bunut kecamatan Bunut, Rabu (17/6/2015).

Upacara adat mandi Balimau basamo di sungai Kapojan Kelurahan Pangkalan Bunut Kecamatan Bunut ini merupakan salah satu rangkaian acara masyarakat Melayu khususnya masyarakat di Kecamatan Bunut dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. 

Acara adat ini sudah berlangsung turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat kecamatan Bunut sebagai syarat membersihkan diri menyambut bulan Ramadhan.

Rangkaian pembukaan acara mandi Balimau basamo di sungai kapojan kelurahan Pangkalan Bunut kecamatan Bunut yang dimulai pukul 14.00 WIB hingga selesai yang juga dihadiri oleh Camat Bunut Faisal SSTP, Sekcam Bunut Norazid SPd, Kasi Umum Herman Haroen SH, anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, panitia pelaksana Kamal Ruzaman SH, kepala Desa dan BPD se-kecamatan Bunut berlangsung sangat meriah.

Bupati Pelalawan dalam kata sambutannya mengajak umat Muslim untuk menyambut bulan Ramadhan dengan hati gembira dan ikhlas serta mensucikan diri dari kesalahan.

"Mari kita sambut Ramadhan 2015 dengan penuh kegembiraan, saling bermaaf-maafan untuk mensucikan diri. Atas nama pemerintah Kabupaten Pelalawan, saya juga menyampaikan ucapan selamat menyambut bulan puasa kepada seluruh masyarakat Pelalawan khususnya yang hadir pada acara mandi balimau potang mogang ini," ajaknya. 

"Saya juga atas nama Bupati dan keluarga secara pribadi menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat selama menjalankan tugas, baik itu kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja," ucapnya menambahkan.

Camat Bunut Faisal SSTP mengatakan kepada Riaupos di acara mandi balimau Kecamatan Bunut, ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pelalawan HM Harris dan rombongan yang sudah datang ke acara ini, dan mengharapkan kedepannya agar Mandi Balimau Basamo Kecamatan Bunut bisa dijadikan event tahunan dan diangarkan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Karena mandi balimau basamo tahun ini Sangat meriah dan antusias.

(anton)
BAGIKAN:
KOMENTAR
BERITA LAINNYA